geomorfologi

GEOMORFOLOGI :

bentuk permukaan bumi

Geomorfologi adalah sebuah studi ilmiah terhadap permukaan Bumi dan poses yang terjadi terhadapnya. Secara luas, berhubungan dengan landform (bentuk lahan) tererosi dari batuan yang keras, namun bentuk konstruksinya dibentuk oleh runtuhan batuan, dan terkadang oleh perolaku organisme di tempat mereka hidup. “Surface” (permukaan) jangan diartikan secara sempit; harus termasuk juga bagian kulit bumi yang paling jauh. Kenampakan subsurface terutama di daerah batugamping sangat penting dimana sistem gua terbentuk dan merupakan bagian yang integral dari geomorfologi.

Pengaruh dari erosi oleh: air, angin, dan es, berkolaborasi dengan latitude, ketinggian dan posisi relatif terhadap air laiut. Dapat dikatakan bahwa tiap daerah dengan iklim tertentu juga memiliki karakteristik pemandangan sendiri sebagai hasil dari erosi yang bekerja yang berbeda terhadap struktur geologi yang ada.

Torehan air terhadap lapisan batugamping yang keras dapat berupa aliran sungai yang permanen dan periodik, dapat juga merupakan alur drainase yang melewati bagian-bagian yang lemah. Sehingga membentuk cekungan-cekungan pada bagian yag tererosi dan meninggalkan bagian yang lebih tinggi yang susah tererosi. Ukuran dari cekungan dan tinggian ini bisa beberapa centimeter sampai beberapa kilometer.

SUMBER

Explore posts in the same categories: Caving

Intinya adalah:

Jadi geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi

Contoh dari salah satu daerah dan efek dr GEOMORFOLOGI adalah :

Hasil identifikasi bentuk dasar laut dari beberapa lintasan seismik, citra seabeam dan foto dasar laut maka dapat dikenali beberapa bentuk geomorfologi utama yang umum terdapat pada kawasan subduksi lempeng aktif. Empat bentuk morfologi utama dapat diidentifikasi, yaitu zona subduksi, palung laut, prisma akresi, dan cekungan busur muka. Gambaran bentuk geomorfologi dasar laut ini kemungkinan merupakan contoh morfologi dasar laut yang terbaik di dunia karena batas-batasnya yang jelas dan mudah dikenali.

Dan apabila lempengan – lempengan yang ada di dasar laut tersebut saling bertabrakan maka akan terjadigempa dan diikuti oleh  tsunami, dan ciri-ciri tsunami adalah air laut akan menyurut ke tengah dan akan memuntahkannya air yang surut tadi  kearah sisi pantai dan akan membanjiri daratan.

– Efeknya bagi manusia adalah :

akan terjadi bencana gempa bumi  yang sangat dahsyat

– Terjadi didaerah daerah Padang Pariaman dan sekitarnya.


TUGAS – TUGAS

( Geomorfologi)

Nama                        :  M. DERY FIRMANSYAH

Npm                :  48209514

Kelas                        :  1DA01

FAKULTAS EKONOMI

JURUSAN AKUTANSI KOMPUTER

TAHUN  2009-2010

~ by dery091290 on December 24, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: